Ahli Sebut Booster Pfizer-AstraZeneca Ampuh Lawan Varian Covid-19

Nusantaratv.com - 12 Mei 2022

Vaksin covid-19 AstraZeneca/ist
Vaksin covid-19 AstraZeneca/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Kabar baik bagi anda yang mendapat vaksin booster Pfizer dan AstraZeneca. Pasalnya, menurut ahli vaksin Pfizer dan AstraZeneca yang digunakan sebagai booster di Indonesia efektif dalam melawan varian Covid-19 seperti Omicron.

Kesimpulan tersebut diperoleh setelah melakukan penelitian. Dalam penelitian itu diamati efektivitas vaksin pada orang yang menerima dua dosis Sinovac yang mendapatkan booster dengan vaksin AstraZeneca, Pfizer-BioNTech atau Johnson & Johnson.

Penelitian dilakukan di Brasil dan Universitas Oxford dengan melibatkan 1.240 sukarelawan dari San Paulo dan Salvador Brasil.

Mereka menemukan penerima dua dosis Sinovac dengan booster vaksin dari platform vektor (Johnson & Johnson dan AstraZeneca) serta mRNA (Pfizer dan Moderna) dapat lebih kuat untuk melawan varian seperti Delta dan Omicron.

"Studi ini memberikan pilihan penting untuk pembuat kebijakan di banyak negara menggunakan vaksin tidak aktif (Sinovac dan Sinopharm) telah digunakan," kata pemimpin studi dan direktur Oxford Vaccine Group, Andrew Pollard, Kamis (12/5/2022).

Diketahui, vaksin vektor virus seperti AstraZeneca menggunakan versi lemah dari virus lain untuk mengirimkan instruksi genetik. Tujuannya adalah membuat protein pada virus yang perlindungannya dicari.

Di sisi lain, vaksin mRNA pada Pfizer akan mengirimkan transkrip genetik dengan instruksi membuat protein virus. Ini berguna untuk mengajari tubuh bagaimana cara bertahan saat melawan infeksi.

Selain vaksin Pfizer dan AstraZeneca, penelitian juga melihat pemberian tiga dosis Sinovac. Hasilnya penerima booster Sinovac juga mendapatkan peningkatan antibodi. 

Hanya saja, hasil itu agak berbeda jika penerima dua dosis Sinovac mendapatkan booster jenis vaksin yang berbeda. (dari berbagai sumber)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])