32,14 Persen Nakes di Simeulue Sudah Divaksin COVID-19 Dosis Keempat

Nusantaratv.com - 06 Desember 2022

Dokumentasi - Warga mengikuti vaksinasi vaksin COVID-19 di Simeulue, Aceh. ANTARA/Ade Irwansah
Dokumentasi - Warga mengikuti vaksinasi vaksin COVID-19 di Simeulue, Aceh. ANTARA/Ade Irwansah

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan sebanyak 32,14 persen atau 412 tenaga kesehatan dari 1.282 orang yang menjadi sasaran di kabupaten kepulauan itu sudah mendapat vaksinasi COVID-19 dosis keempat.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue Hanafi Lubis di Simeulue, Selasa, mengatakan capaian vaksinasi COVID-19 dosis keempat tersebut terus mengalami peningkatan.

"Vaksinasi vaksin COVID-19 dosis keempat ini dikhususkan kepada tenaga kesehatan (nakes). Untuk capaiannya, terus mengalami peningkatan, dan kini sudah 32,14 persen," kata Hanafi Lubis.

Menurut Hanafi Lubis, pihaknya terus menggencarkan vaksinasi vaksin COVID-19 dosis keempat tersebut kepada nakes. Setelah itu vaksinasi dosis keempat tersebut diberikan kepada warga lanjut usia.

"Pemberian vaksin dosis keempat ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh nakes sebagai garda terdepan dalam melayani masyarakat," kata Hanafi Lubis.

Hanafi Lubis mengatakan beberapa waktu lalu vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Simeulue ini sempat terhenti karena stok vaksin kosong di seluruh Aceh.

"Saat ini dosis vaksin telah ada, pelaksanaan vaksinasi kembali dilakukan. Kami yakin, capaian vaksinasi COVID-19 untuk semua dosis bisa memenuhi target," kata Hanafi Lubis.

Menyangkut dengan capaian vaksinasi COVID-19 dosis ketiga, Hanafi Lubis mengatakan jumlahnya terus meningkat. Kini, capaian vaksinasi dosis ketiga mencapai 43,3 persen dari sasaran 62 ribuan jiwa.

"Untuk dosis pertama dan kedua, sudah mencapai target nasional lebih dari 76 perse. Untuk dosis kedua sudah mencapai 88,0 persen dan dosis pertama sebanyak 101,7 persen," kata Hanafi Lubis.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])