Berangkat atau Tidaknya Jemaah Haji Indonesia Akan Diputuskan dalam 1-2 Hari ke Depan

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi baru saja merilis daftar 11 negara dan nama Indonesia tidak ada dalam daftar tersebut

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas/ist

Jakarta, Nusantara TV-Hingga kini belum ada keputusan resmi dari Pemerintah Arab Saudi untuk kuota ibadah haji 2021

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyatakan berangkat atau tidaknya jemaah haji Indonesia akan diputuskan 1 hingga 2 hari ke depan.

"Kuota dari mana? Tidak ada satu pun negara di dunia ini yang memiliki misi haji yang sekarang sudah dapat kuota haji. Karena kuota haji tergantung pada pemerintah Saudi dan Pemerintah Saudi belum mengumumkan itu," kata Menag Yaqut dikutip dari detik, Senin (31/5/2021).

Ia meminta masyarakat untuk bersabar menunggu soal kuota haji dari pemerintah haji. Mengenai diberangkatkan atau tidaknya jemaah Indonesia akan diputuskan beberapa hari ke depan.

"Kalau soal kuota, kita tunggu saja. Kalau soal keputusan apakah Indonesia akan memberangkatkan haji atau tidak, kita tunggu. satu, dua hari ini akan ada keputusan," ujarnya.

Menag Yaqut sudah mendapatkan sejumlah masukan dan dari Komisi VIII DPR RI dan akan melaporkan ke Presiden Jokowi mengenai persiapan ibadah haji jemaah Indonesia. 

"Saya akan lapor ke presiden menyampaikan situasinya seperti apa, para jemaah ekspektasinya apa, Pemerintah Saudi seperti apa, harapan kawan-kawan di DPR RI ini seperti apa, kan harus disampaikan semua," tukasnya.

Diketahui pada tahun lalu pemerintah Arab Saudi tetap melakukan ibadah haji, namun hanya untuk warga dalam negeri mereka.

Kepastian ibadah Haji 2021 hanya menyisakan waktu 1 bulan lebih. 

Baca juga: Ibadah Haji 2021, Arab Saudi Izinkan 60.000 Jemaah dari Luar Negeri

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, melalui akun Twitternya @MOISaudiArabia menginformasikan sudah memberikan izin masuk kepada 11 negara. Namun nama Indonesia tidak dalam daftar tersebut. Di pengumuman tersebut, izin masuk Saudi ini belum dikaitkan dengan kuota haji.

Berikut ini 11 negara yang sudah diizinkan masuk Arab Saudi:

1. Amerika Serikat
2. Inggris
3. Irlandia
4. Italia
5. Jepang
6. Jerman
7. Prancis
8. Portugal
9. Swedia
10. Swiss
11. Uni Emirat Arab

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi juga telah mengumumkan syarat vaksin bagi jemaah ibadah haji 2021. Hanya ada tiga jenis vaksin yang direkomendasikan yaitu Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca.

Syarat jenis vaksin ini juga menjadi kendala tersendiri bagi calon jemaah haji Indonesia yang kebanyakan telah menerima vaksin Sinovac. Pemerintah saat ini sedang mengajukan Sinovac untuk diperbolehkan sebagai syarat jemaah haji ke Arab Saudi. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK