Bentrokan di Mali, 40 Orang Tewas

Di Mali, Mopti Merupakan Salah Satu Daerah yang Paling Banyak Diserang oleh Kelompok Teroris.

Ilustrasi bentrokan antara pemburu dan kelompok milisi di Mali tengah. (Kompas)

Nusantaratv.com - Setidaknya 40 orang kehilangan nyawa dalam bentrokan antara pemburu dan kelompok yang dicurigai sebagai milisi di Mali tengah pekan lalu.

Pernyataan resmi pemerintah melaporkan bentrokan tersebut terjadi pada Senin (19/4/2021). "Bentrokan itu terjadi Selasa dan Rabu lalu," demikian pernyataan Gubernur Provinsi Mopti, dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (20/4/2021).

Dia mengatakan konflik tersebut adalah bersumber dari perseteruan antara dua orang bersaudara, satu pemburu dan yang lainnya terlibat dengan kelompok yang diduga sebagai milisi bersenjata.

"Jauh dari konflik antar-komunal, gesekan itu konsekuensial," kata pernyataan itu, mengutip sumber-sumber lokal.

Sementara itu, otoritas pemerintah di wilayah tersebut mengatakan, semua tindakan telah diambil untuk menangani situasi ini. Angkatan Bersenjata Mali akan dikerahkan di daerah itu untuk mencegah bentrokan susulan. 

Sedangkan bantuan kemanusiaan darurat untuk sekitar 1.000 orang terlantar juga masih terus dikirimkan. "Misi regional multidisiplin yang dipimpin oleh penasihat urusan ekonomi dan keuangan gubernur juga telah dikerahkan untuk menilai situasi di lapangan, meyakinkan penduduk, dan menyerahkan berbagai sumbangan," kata gubernur.

Di Mali, Mopti merupakan salah satu daerah yang paling banyak diserang oleh kelompok teroris.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK