Bentrokan Berdarah Israel Vs Warga Palestina Usai Buka Puasa, Ratusan Terluka

Bentrokan dipicu rencana penggusuran pemukiman warga Palestina

Bendera Israel (kiri) dan bendera Palestina)/ist

Gaza City, Nusantara TV-Sedikitnya ratusan orang terluka akibat bentrokan berdarah polisi Israel dengan warga Palestina yang ada di Masjid Al-Aqsa. Bentrokan terjadi usai buka puasa, Jumat (7/5/2021). 

Menurut informasi, bentrokan dipicu rencana penggusuran sejumlah keluarga Palestina dari rumah-rumah mereka yang tanahnya diklaim oleh para pemukim Yahudi yang menggugat ke pengadilan. Dengan hanya bersenjatakan batu warga Palestina terlibat bentrokan dengan polisi Israel yang menggunakan peluru karet dan granat kejut.

Tak hanya di kompleks Masjid Al-Aqsa, bentrokan polisi israel dengan warga Palestina juga terjadi di wilayah Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur. Bentrokan juga dipicu soal tanah. 

Ketika bentrokan pecah, seorang pejabat Masjid Al-Aqsa dengan menggunakan pengeras suara masjid mengimbau semuanya tetap tenang.

"Polisi harus segera berhenti menembakkan granat kejut ke arah jemaah, dan kaum muda harus tenang dan diam!" demikian seruan pejabat Al-Aqsa.

Baca juga: Polisi Israel Serang Masjid Al-Aqsa, 170 Warga Palestina Terluka

Laporan paramedis Palestina menyebut 178 warga Palestina mengalami luka-luka dalam bentrokan tersebut. Dengan layanan ambulans Bulan Sabit Merah Palestina menyebut 88 warga Palestina di antaranya dilarikan ke rumah sakit setelah terkena peluru karet.

Sementara  juru bicara Kepolisian Israel menyebut enam polisi terluka akibat terkena lemparan batu, kembang api dan benda-benda lainnya. 

Mahkamah Agung Israel dijadwalkan akan menggelar sidang terbaru soal sengketa tanah di Sheikh Jarrah itu pada Senin (10/5) mendatang.

Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa sama-sama menyerukan agar Israel dan Palestina meredakan ketegangan atau deeskalasi setelah terjadi bentrokan terbaru di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, yang memicu banyak korban luka.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK