Benarkah Lubang Hidung Dapat Mengobati Sakit Kepala dan Sembelit?

Hidung adalah salah satu panca indera manusia. Melalui lubang hidung, manusia dapat mencium berbagai aroma yang ada di sekitarnya.

Ilustrasi menutup lubang hidung

Nusantaratv.com - Hidung adalah salah satu panca indera manusia. Melalui lubang hidung, manusia dapat mencium berbagai aroma yang ada di sekitarnya. Bagaimana jadinya kalau tidak ada lubang hidung, atau kalau kita tidak memiliki indera penciuman, mungkin selera makan kita akan berkurang, karena kita tidak dapat mencium aroma sebuah masakan yang dapat menggugah selera makan.

Fungsi utama hidung tentu untuk bernafas. Melalui lubang hidung, manusia menyerap oksigen dari udara dan dimasukkan ke dalam paru-paru melalui tenggorokan. Dalam lubang hidung juga ada bulu-bulu halus yang berfungsi menyaring udara kotor yang masuk ke dalam tubuh.

Inilah beberapa fungsi lubang hidung secara umum, antara lain:

1. Hidung Sebagai Organ Pernapasan
Hidung berfungsi sebagai organ pernafasan, tempat keluar masuknya udara. Setelah itu baru tenggorokan, bronkus, bronkeolus, dan alveolus. Ketiga hal yang disebutkan terakhir adalah bagian dari paru-paru.

Baca Juga: Tips Meredakan Hidung Tersumbat

2. Hidung Sebagai Indera Penciuman
Hidung menjadi penuntun manusia untuk mencium berbagai aroma, baik yang wangi maupun bau busuknya sampah. Hidung mengandung banyak syaraf pembau yang bisa membedakan ribuan bau.

3. Pengaturan Suara
Hidung juga berfungsi untuk mengatur nada suara kita. Tidak percaya? coba tutup salah satu lubang hidup, kita akan mendengar suara kita berbeda dari biasanya. Selain itu, suara tinggi dan rendah dapat diatur dengan pernapasan melalui hidung.

Ilustrasi menutup lubang hidung

4. Penyaring Kotoran
Adanya bulu-bulu hidung berfungsi untuk menyaring kotoran yang masuk karena terbawa oleh udara yang masuk ke dalam hidung. Karena itu, terkadang kita menemukan kotoran dalam lubang hidung.

5. Pemberi Rasa
Dengan adanya lubang hidung, selera makan kita akan meningkat saat kita membau aroma masakan yang menggugah selera. Karena itu, saat kita terkena flu, selera makan kita akan berkurang, karena kita tidak dapat membau aroma masakan di hadapan kita.

6. Mengatur Suhu dan Kelembaban Udara
Lendir yang ada dalam rongga hidung mengatur suhu dan kelembaban udara agar sama dengan suhu tubuh.

Baca Juga: Pria Keluarkan Koin yang Nyangkut di Hidungnya Selama 50 Tahun

Selain itu, kedua lubang hidung kita mempunyai fungsi yang berbeda. Saat kita bernafas, mengeluarkan udara, hidung sebelah kanan akan mengeluarkan udara panas sekaligus juga mengeluarkan zat-zat yang sudah tidak dipakai oleh tubuh atau biasa disebut dengan zat sekresi atau zat yang bersifat asam. Karena kalau dalam tubuh kebanyakan zat asam, akan menimbulkan ketidakseimbangan dan gangguan kesehatan. 

Sedangkan lubang hidung sebelah kiri akan mengeluarkan udara dingin dari dalam tubuh bersama dengan zat sekresi yang bersifat basa, kebalikan dari lubang hidung kanan.

Ilustrasi menutup lubang hidung

Berkat dua lubang hidung, suhu dan zat dalam tubuh mempunyai keseimbangan. Suhu normal dan zat bersifat netral, bukan asam maupun basa.

Selain fungsi alami yang disebutkan di atas, dua lubang hidung dapat menjadi solusi kesehatan yang efektif.

Jika merasa sakit kepala, mengalami gangguan pencernaan, dan susah buang air besar atau sembelit, lubang hidung kanan menjadi solusi. Bernapaslah selama beberapa menit melalui lubang hidung ini. Caranya? Pencetlah lubang hidung sebelah kiri.

Setelah bernapas dengan hanya satu lubang hidung, masalah kesehatan di atas akan berkurang. Begitu pula jika merasa sulit tidur atau insomnia. Lubang hidung kiri digunakan dengan optimal.

Baca Juga: Ngeri! Wanita Ini Kehilangan Penglihatan Gara-gara Filler Hidung

Berbaringlah menghadap ke kanan, dan pencetlah lubang hidung kanan selama 20 sampai 30 menit. Biarkan pernapasan hanya melalui lubang hidung kiri. Setelah itu, kamu akan merasakan insomnia perlahan hilang dan kamu tidur lebih lelap.

Itulah fungsi lubang hidung kita yang mungkin selama ini kurang disadari. Kita tahunya hidung hanya untuk bernafas saja. Semoga bermanfaat ya.

Sumber: pintermezzo.com

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK