Bebas Setelah 68 Tahun Dipenjara, Pria Ini Kaget Lihat Dunia Sudah Berubah

68 tahun dipenjara telah membuat gap peradaban yang sangat lebar antara dirinya dengan masyarakat modern. 

68 tahun dipenjara, Joe Ligon kaget lihat dunia sudah berubah/ist

Wahington, Nusantaratv.com-Setelah mendekam selama 68 tahun di penjara, Joe Ligon akhirnya dinyatakan bebas pada 11 Februaari lalu. 

Ligon yang dijebloskan ke sel pada 1953 kaget bukan kepalang melihat dunia telah berubah drastis. 68 tahun dipenjara telah membuat gap peradaban yang sangat lebar antara dirinya dengan masyarakat modern. 

“Saya melihat semua gedung tinggi. Ini semuanya baru bagiku. Ini tidak pernah ada (sejak dipenjara),” ujar Ligon. 

Ligon tersandung masalah hukum ketika berusia 15 tahun, dia terlibat dalam perampokan dan penyerangan yang menewaskan dua orang dan melukai enam orang lainnya. 

Meski sempat mengaku tidak terlibat, Ligon yang kini berusia 83 tahun akhinya mengaku bersalah atas dua dakwaan pembunuhan tingkat pertama. Dia dijatuhi hukuman seumur hidup. 

Setelah menjalani hukuman selama 60 tahun, pada 2012 nasib baik menghampiri Ligon. Mahkamah Agung Amerika Serikat memutuskan bahwa hukuman seumur hidup yang dijatuhkan pada Ligon merupakan hukuman yang kejam dan tidak biasa. 

Empat tahun kemudian, pada 2016, Mahkamah Agung memerintahkan negara bagian di AS untuk mengurangi hukuman bagi mereka yang dijatuhi hukuman seumur hidup atas kejahatan yang dilakukan narapidana saat remaja. 

Baca juga: Diduga Korupsi, Bos Samsung Dipenjara 2 Tahun

Atas perintah MA tersebut, Pennsylvania kemudian kembali menyidang Ligon. Pada 2017, hukuman Ligon dikurangi dari penjara seumur hidup menjadi 35 tahun penjara. 
Ligon juga kesempatan untuk mengajukan pembebasan bersyarat. 

Namun Ligon menolak dengan alasan ingin bebas murni. 

Perjuangan Ligon dan pengacaranya akhirnya membuahkan hasil. Pada November 2020 seorang hakim federal memerintahkan untuk membebaskan Ligon dalam waktu 90 hari. Ligon pun dinyatakan bebas pada 11 Februari lalu. 

Mendekam di penjara untuk waktu yang sangat lama tentu menimbulkan masalah tersendiri bagi Ligon. Agar tidak gagap dan bisa menyesuaikan diri dengan masyarakat modern, Ligon mempersiapkan diri dengan menonton berita dunia melalui televisi kecil di selnya. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK