Bajaj Auto Klaim Jadi Pabrikan Sepeda Motor Terlaris di India

Penjualan Global Bajaj Auto Telah Menghasilkan Devisa Lebih Dari US$14 Miliar Selama Dekade Terakhir.

Ilustrasi sepeda motor Bajaj Auto. (Hindustan Times)

Nusantaratv.com - Bajaj Auto mengklaim sebagai pabrikan sepeda motor terlaris di India pada April 2021. Mereka menjual 348.173 unit sepeda motor secara global, termasuk penjualan domestik dan ekspor. 

Perusahaan roda dua yang berbasis di Pune itu mengklaim mengirimkan 221.603 unit ke pasar luar negeri pada April lalu. Selain itu, perusahaan menyebut mereka sebagai pabrikan sepeda motor terbesar ketiga di dunia dan pabrikan roda tiga terbesar.

Menurut pernyataan Bajaj Auto, seperti dikutip dari Hindustan Times, Selasa (4/5/2021), mereka merupakan perusahaan roda dua paling terkemuka di dunia dengan kapitalisasi pasar sebesar ₹110.864 crore, yang hampir dua kali lipat perusahaan roda dua terbesar berikutnya di India Hero MotoCorp.

Bajaj Auto mengklaim telah memimpin segmen ekspor sepeda motor dari India, menyumbang hampir 60 persen ekspor sepeda motor dan roda tiga negara itu pada 2020. Pada tahun keuangan terakhir, Bajaj Auto mencatatkan pendapatan sebesar ₹12.687 crores dari ekspornya ke lebih dari 79 negara. 

Baca Juga: Permintaan Membludak, Bajaj Stop Pemesanan Skuter Listrik Chetak

Penjualan global Bajaj Auto telah menghasilkan devisa lebih dari US$14 miliar selama dekade terakhir, kata perusahaan. Selain pasar India, Bajaj Auto memiliki kehadiran yang kuat di pasar Afrika dan beberapa pasar Eropa, dengan sepeda motor komuter dan motor berperforma tinggi.

Mengomentari kinerja penjualan, Rakesh Sharma, Direktur Eksekutif Bajaj Auto, mengatakan berbagai macam sepeda motor yang dibuat oleh perusahaan mencakup seluruh spektrum mulai dari segmen level pemula, menengah, hingga premium sehingga memungkinkan untuk terlibat dengan spektrum yang luas. 

Pelanggan dari pengemudi moto-taxi di Afrika hingga pencari petualangan di Eropa. "Kami telah memulai FY2022 dengan catatan yang sangat positif meskipun lingkungannya menantang," jelas Sharma.

Dia menambahkan keserbagunaan ini memiliki nilai yang sangat besar dalam mengelola volatilitas saat ini serta ketidakpastian dan menjaga agar roda bisnis tetap bergerak bagi semua pemangku kepentingan perusahaan. 

Dalam upaya untuk memperluas bisnisnya, Bajaj Auto berencana memperluas jaringannya ke 24 kota lagi di tahun mendatang, seperti yang diungkapkan oleh Sharma.

Perusahaan juga telah mengumumkan investasi sebesar ₹50 crore untuk pabrik keempat yang akan dibangun di Chakan of Maharashtra. Ini akan membantu pabrikan memenuhi permintaan yang meningkat akan produknya secara global. 

Pabrik keempat akan memproduksi hanya sepeda motor premium dan skuter listrik Chetak, di mana merek tersebut telah memulai kembali proses pemesanannya baru-baru ini.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK