Australia Ancam Penjarakan Warganya yang Nekat Pulang dari India

Australia bahkan telah menangguhkan sementara penerbangan langsung dari India

Bendera Australia/ist

Melbourne, Nusantara TV-Mulai Senin 3 Mei 2021, pemerintah Australia melarang warganya pulang dari India. Keputusan darurat itu dibuat pada Jumat (30/4/2021). Bagi pelanggar akan dijatuhi sanksi denda dan hukuman penjara. 

Ini merupakan bagian dari upaya pemerintah Australia untuk mencegah pelancong dari masuk ke Australia. Pasalnya, saat ini India sedang mengalami darurat covid-19. 

“Hati kami tertuju kepada orang-orang India dan komunitas India-Australia kami. Teman dan keluarga mereka di Australia berada dalam risiko ekstrem. Tragisnya, banyak yang tertular covid-19 dan banyak, sayangnya, sekarat setiap hari, " kata Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt, Sabtu (5/1/2021). 

Pemerintah Australia akan mempertimbangkan kembali pembatasan pada 15 Mei mendatang.

Baca juga: Mengerikan, Kasus Harian Covid-19 di India Tembus 400.000

Sejalan dengan kebijakan pelarangan pulang tersebut, Australia telah memberlakukan penangguhan sementara penerbangan langsung dari India untuk mencegah varian covid-19 yang lebih ganas memasuki negara itu.

"Pemerintah tidak mengambil keputusan ini dengan mudah. Namun, integritas kesehatan publik dan sistem karantina Australia sangat penting dilindungi dan jumlah kasus COVID-19 di fasilitas karantina dikurangi ke tingkat yang dapat dikelola," tukas  Hunt. 

Seperti ramai diberitakan, India tengah mengalami masa-masa terburuk akibat pandemi covid-19. Lonjakan kasus positif dan meningkatnya kasus kematian. India bahkan mencatat rekor mengerikan 200.000 kasus kematian akibat covid-19 dalam sepekan. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK