Taiwan Menyebut China Telah Tawarkan Pesawat Terbang Untuk Pikat Kepulauan Kiribati

Taiwan menyebut China telah menawarkan pesawat terbang dan feri untuk memikat negara kepulauan Kiribati di Pasifik untuk mengalihkan hubungan diplomatik.
Taiwan Menyebut China Telah Tawarkan Pesawat Terbang Untuk Pikat Kepulauan Kiribati
Kiribati

Taipei, Nusantaratv.com - Taiwan menyebut China telah menawarkan pesawat terbang dan feri untuk memikat negara kepulauan Kiribati di Pasifik untuk mengalihkan hubungan diplomatik. Ketika pulau yang diperintah sendiri itu kehilangan sekutu kedua akibat tekanan Tiongkok dalam waktu kurang dari seminggu. 

Peralihan itu, hanya beberapa hari setelah Kepulauan Solomon memutuskan hubungan, memberikan pukulan baru kepada Presiden Tsai Ing-wen, yang mengupayakan pemilihan ulang pada Januari, karena diperlukan tujuh simpanan sekutu yang hilang dari Tiongkok sejak ia menjabat pada 2016 . 

Melansir Reuters, dari informasi yang diperoleh oleh Taiwan, pemerintah Cina telah berjanji untuk menyediakan dana penuh untuk pengadaan beberapa pesawat terbang dan feri komersial, sehingga memikat Kiribati untuk beralih hubungan diplomatik. 

Baca Juga : Iran Tetap Menentang AS Pasca Dituduh Menyerang Kilang Minyak Saudi

 Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang mengatakan Cina sangat menghargai keputusan Kiribati untuk membangun kembali hubungan dengan Beijing, terputus pada tahun 2003 ketika Tarawa mengakui Taipei. 

Ditanya berapa banyak uang yang ditawarkan Tiongkok kepada Kiribati, Geng mengatakan prinsip-prinsip dan kepercayaan tidak dapat dibeli tetapi menambahkan bahwa Kiribati akan memiliki peluang pengembangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan China di sisinya. 

Tiongkok mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya, dan mengatakan pulau demokrasi itu tidak memiliki hak untuk ikatan formal dengan negara mana pun. Cina telah meningkatkan tekanan pada Taiwan, dengan menerbangkan patroli pembom reguler di sekitar pulau itu. 

Cina mencurigai Tsai mendorong kemerdekaan formal Taiwan, sebuah garis merah untuk Beijing. Bantuan yang diminta oleh Kiribati dari Beijing termasuk pinjaman dan pesawat Boeing 737. 

Kiribati adalah negara ketujuh yang menjatuhkan Taiwan sebagai sekutu diplomatik sejak 2016, mengikuti Burkina Faso, Republik Dominika, Sao Tome dan Principe, Panama, El Salvador dan Kepulauan Solomon. Oposisi utama Taiwan, partai Kuomintang yang bersahabat dengan China, mendesak Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa di Tsai untuk meninjau kembali kebijakannya terhadap Beijing.

Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal) 

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0