Netizen India Ngamuk Gegara Paspor Baru Bersimbol Bunga Teratai

Netizen India mengungkapkan kekesalan mereka usai Kementerian Luar Negerinya (MEA) mengumumkan paspor baru dengan simbol bunga teratai
Netizen India Ngamuk Gegara Paspor Baru Bersimbol Bunga Teratai
Simbol bunga teratai di paspor India. (Foto/The NewStuff)

New Delhi, Nusantaratv.com - Netizen India mengungkapkan kekesalan mereka usai Kementerian Luar Negerinya (MEA) mengumumkan paspor baru dengan simbol bunga teratai tercetak di dalam paspor pada Kamis (12/12/19).

Diketahui, simbol bunga teratai itu dimaksudkan sebagai bagian dari fitur keamanan guna mencegah pemalsuan paspor.

Baca Juga : Bercanda dengan Pacar, Usus Pria Ini Berpindah ke Dada

Kemarahan itu muncul karena banyak yang menduga penggunaan bunga teratai tersebut merupakan propaganda dari partai berkuasa Partai Bharatiya Janata (BJP).

"Simbol ini adalah bunga nasional kita dan bagian dari fitur keamanan yang ditingkatkan untuk mengidentifikasi paspor palsu," kata Juru Bicara MEA Raveesh Kumar sebagaimana dilansir Sputnik, Jumat (13/12/2019).

‌Selain sebagai bunga nasional, bunga teratai juga merupakan lambang dari BJP, sehingga banyak warga India yang menganggap langkah itu sebagai sebuah upaya propaganda.

Sebelumnya, lambang yang tercetak di paspor India adalah Singa yang kemudian diganti dengan Bunga Teratai.

‌Tetapi tidak semua tersinggung oleh fitur baru paspor India. Banyak yang merasa Bunga Teratai tidak boleh dilihat sebagai simbol partai tetapi sebagai bunga nasional.

‌Walaupun MEA telah mengklarifikasi bahwa penggunaan simbol negara lainnya akan digunakan secara bergantian, keterangan itu tidak menyurutkan komentar-komentar pedas yang muncul.

‌Pernyataan lain dari MEA mengklaim bahwa fitur keamanan tambahan yang diperkenalkan di paspor itu merupakan bagian dari pedoman Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).(Cal) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1