China Tak Ingin Bermain Game Of Thrones di Panggung Dunia

Diplomat China Wang Yi, membalas kritik AS terhadap model perdagangan dan pengembangannya pada Selasa (24/9/19), mengatakan Beijing tidak berniat untuk memainkan Game of Thrones di panggung dunia
China Tak Ingin  Bermain Game Of Thrones di Panggung Dunia
Presiden China Xi Jinping (Irish times)

Beijing, Nusantaratv.com - Diplomat China Wang Yi, membalas kritik AS terhadap model perdagangan dan pengembangannya pada Selasa (24/9/19), mengatakan Beijing tidak berniat untuk memainkan Game of Thrones di panggung dunia tetapi memperingatkan Washington untuk menghormati kedaulatannya, termasuk di Hong Kong.

 Wang Yi, yang juga merupakan annggota Dewan Negara Tiongkok dan Perwakilan Khusus China dalam Sidang PBB, menegaskan bahwa Beijing tidak akan tunduk pada ancaman, termasuk pada perdagangan, meskipun dia mengatakan dia berharap putaran pembicaraan perdagangan tingkat tinggi bulan depan akan menghasilkan hasil positif. 

Dalam pidatonya di sela-sela Sidang Umum tahunan PBB di New York, Wang mendesak untuk menjauh dari konfrontasi antara dua ekonomi global terbesar, dengan mengatakan mereka harus bekerja sama untuk saling menguntungkan dan untuk negara-negara lain di dunia. 

Sebelumnya pada hari Selasa, Presiden AS Donald Trump memiliki pesan keras untuk China dan presidennya, Xi Jinping, dalam pidatonya di Majelis Umum PBB, mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak akan lagi mentolerir praktik perdagangan Beijing dan bahwa ia tidak akan menerima  kesepakatan buruk dengan Tiongkok dalam perdagangan. 

 Dia juga memperingatkan bahwa dunia menyaksikan bagaimana Beijing menangani demonstrasi massa di Hong Kong yang telah meningkatkan kekhawatiran akan kemungkinan tindakan keras Cina. 

Baca Juga : Menlu Prancis Beberkan Tujuan Utama Negaranya Hadir di Pertemuan PBB


Trump telah berusaha menekan China untuk setuju untuk mengurangi hambatan perdagangan melalui kebijakan kenaikan tarif pada produk-produk Cina.

 Dia menuduh China atas pencurian rahasia dagang dalam skala besar dan mengatakan pihaknya mengambil keuntungan dari aturan Organisasi Perdagangan Dunia yang memberikan perlakuan menguntungkan Beijing sebagai ekonomi berkembang. 

Wang memperingatkan bahwa Amerika Serikat seharusnya tidak mencoba memaksa China untuk mengubah model pembangunannya atau tidak membuat pasangan dari kedua ekonomi, mengatakan upaya seperti itu tidak bisa dilaksanakan. 

"Negosiasi tidak dapat terjadi di bawah ancaman atau dengan mengorbankan hak sah China untuk pembangunan," tambah Wang.

Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal) 



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0