Lebih dari 100 Napi di Penjara Filipina Terinfeksi Coronavirus :: Nusantaratv.com

Lebih dari 100 Napi di Penjara Filipina Terinfeksi Coronavirus

Filipina memiliki beberapa penjara paling padat di dunia, sebagai akibat perang Presiden Rodrigo Duterte terhadap narkoba
Lebih dari 100 Napi di Penjara Filipina Terinfeksi Coronavirus
(The Sun)

Nusantaratv.com- Sebuah penjara di Filipina sedang menderita wabah besar dari coronavirus baru dengan 123 narapidana yang terinfeksi, kata para pejabat pada hari Rabu, menambah kekhawatiran di kalangan aktivis tentang risiko penularan di beberapa penjara paling padat di dunia. 

Walikota Cebu City mengatakan sebuah gedung baru di penjara yang mampu menangani 3.000 orang akan digunakan sebagai fasilitas isolasi untuk menampung wabah yang menyumbang 40 persen kasus di kota terbesar kedua di Filipina itu.

Scmp melaporkan, tidak ada perincian tentang kemungkinan sumber wabah itu. Delapan belas kasus telah ditemukan di penjara di Kota Quezon Manila, di antaranya sembilan anggota staf, dan media melaporkan infeksi di fasilitas lain.

Human Rights Watch (HRW) yang berbasis di New York adalah di antara beberapa kelompok yang menyerukan para narapidana yang ditahan karena pelanggaran ringan, tanpa kekerasan, atau mereka yang kondisi kesehatannya, harus dibebaskan dari penjara Filipina untuk menciptakan lebih banyak ruang.

HRW bulan ini memperingatkan kemungkinan wabah koronavirus serius di Filipina "mengancam kehidupan tahanan yang kesehatannya berwenang untuk melindungi".

Wabah penjara di Cebu adalah salah satu kluster virus korona terbesar yang diketahui di Filipina, yang pada hari Rabu memiliki 6.710 infeksi dan 446 kematian. Sekitar 70 persen kasus ada di ibukota, Manila.

Penjara Filipina terkenal sesak karena kombinasi kemiskinan, tingkat kejahatan yang tinggi dan sistem peradilan yang tidak mampu mengatasi volume kasus yang besar

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0