Beli Smartphone Android Murah, Kenali Risikonya

Kerentanan Ditemukan Pada Ponsel yang Dikirim Setidaknya 29 Produsen. 
Beli Smartphone Android Murah, Kenali Risikonya
Ilustrasi malware. (klikmania.net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Saat ini sangat mudah menjumpai smartphone Android di pasaran. Mulai dari yang berharga murah hingga mahal. Pada smartphone Android murah, biasanya dibekali dengan spesifikasi standar serta kualitas yang belum teruji.

Selain itu, pada perangkat lunaknya ditakutkan telah disusupi program atau aplikasi yang justru merugikan pengguna. Menurut perusahaan riset keamanan, Kryptowire, hal ini bisa menjadi masalah serius. 

Seperti dilansir dari Ubergizmo, bahwa mereka telah menemukan aplikasi yang datang terinstal di ponsel Android murahan justru hadir dengan sejumlah bug dan kerentanan yang dapat membuatnya mudah diretas. Hingga pada gilirannya membahayakan perangkat itu sendiri.

Baca Juga: Pengguna Ganti Smartphone Tiap 3 Tahun Sekali, Benarkah?

Kendati Kryptowire tidak menyebut merek ponsel Android murah apa saja yang memiliki kerentanan tersebut, tetapi setidaknya mereka mencatat bahwa kerentanan ini ditemukan pada beberapa ponsel yang dikirim oleh setidaknya 29 produsen. 

Berbicara kepada CNET, CEO Kryptowire, Angelos Stavrou, menyarankan Google juga harus bertanggung jawab pada tingkat tertentu dengan melakukan pengetatan dan meningkatkan ketelitian mengenai aplikasi yang digunakan pada ponsel Android.

Menurut Stavrou, selain vendor, Google juga memiliki tanggung jawab atas produk yang menjalankan perangkat lunak mereka yang masuk ke dalam ekosistem Android. 

Legislator dan pembuat kebijakan harus menuntut agar vendor dan Google ikut bertanggung jawab, karena ini sangat berisiko membahayakan keamanan dan informasi pribadi pengguna ponsel Android tersebut.



Reaksi Kamu

like
3
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0