Agar Pengobatan Kanker Berjalan Efektif..

Dokter Umi Mangesti Tjiptoningsih memiliki saran bagi pengidap kanker

PDGKI Jaya dan didukung Fresenius Kabi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Kanker adalah salah satu penyakit yang menjadi masalah yang terus dihadapi masyarakat global. Sebab, hingga kini tingkat kematian pengidap penyakit itu masih tinggi.

Menurut Dokter Umi Mangesti Tjiptoningsih, Spesialis Onkologi Radiasi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, terdapat tiga pengobatan yang umum dilakukan untuk menyembuhkan kanker. 

Antara lain melalui operasi, radioterapi serta kemoterapi.

"Umumnya untuk kanker yang berasal dari tumor. Biasanya solid tumor yang berupa benjolan itu diatasi dengan operasi. Ini yang umum dilakukan," ujar Dokter Umi dalam diskusi daring "Nutrisi Sebagai Penunjang Keberhasilan Terapi Kanker? Apa Faktanya?", yang digelar PDGKI Jaya dan didukung Fresenius Kabi, Kamis (8/4/2021). 

Umi mengatakan, tak ada urutan pasti untuk pengambilan tindakan pengobatan kanker. Sebab, ketiganya dapat dialami oleh satu individu yang mengidap kanker.

Misalnya untuk kanker payudara, yang sering berupa solid tumor. Operasi dengan membedah dan mengambil jaringan kanker, biasanya dilakukan guna langkah pengobatan pertama.

Pasca operasi selesai dan observasi hasil operasi dilanjutkan, apabila ditemukan masih ada sel kanker pada hasil operasi, maka tindakan selanjutnya bisa dilakukan radioterapi serta kemoterapi.

Radioterapi sendiri merupakan pengobatan kanker dengan memanfaatkan bahan radio aktif seperti kobalt dan iridium, dengan tujuan merusak sel kanker baik secara langsung ataupun tak langsung.

Pengobatan radioterapi bisa dilakukan sebagai langkah pertama manakala langkah operasi tak dapat dilakukan.

"Misalnya ada benjolannya di bagian kepala dan leher. Dari segi estetika kurang disarankan sehingga akhirnya tidak dioperasi. Maka radioterapi dapat dilakukan sebagai langkah awal dan dilakukan bersamaan dengan kemoterapi," jelas Umi.

Sedangkan pengobatan terakhir yang awam dikenal masyarakat, yakni kemoterapi. Upaya ini ialah pengobatan kanker menggunakan bahan kimia yang diberikan lewat cara diminum (oral), injeksi, atau diberikan langsung ke satu area tubuh dan sel kanker dengan tujuan yang sama seperti radioterapi untuk merusak sel kanker.

Biasanya, kemoterapi dijadikan sebagai pengobatan awal untuk menangani kanker nonsolid.

"Tumor di daerah nasofaring, lalu kanker darah atau dikenal dengan leukimia. Itu jenis kanker nonsolid yang biasanya diatasi dengan kemoterapi terlebih dahulu baru diikuti radiologi dan operasi jika memungkinkan," papar Umi.

Kendati membutuhkan waktu yang tak sebentar, tiga pengobatan kanker ini masih menjadi cara yang utama untuk menghilangkan sel di dalam tubuh manusia yang membahayakan itu. 

Selain itu, para pengidap kanker yang menjalani pengobatan diharapkan dapat menjaga kebersihan tubuh, menjaga pola hidup mulai dari makan, buang air besar, dan buang air kecil agar pengobatan dapat efektif dilakukan. 

Terapi pendukung lainnya juga dapat dilakukan agar hasil pengobatan kanker bisa lebih maksimal. Di antaranya terapi perbaikan gizi untuk menghindari malnutrisi, pendampingan psikolog, termasuk fisiologi guna menjaga fungsi otot. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK