Rwanda Gunakan Robot Berteknologi Tinggi dalam Memerangi Coronavirus :: Nusantaratv.com

Rwanda Gunakan Robot Berteknologi Tinggi dalam Memerangi Coronavirus

Robot juga mengirimkan makanan dan obat-obatan ke kamar pasien, mengambil data, dan memberi tahu petugas
Rwanda Gunakan Robot Berteknologi Tinggi dalam Memerangi Coronavirus
(Xinhua)

Nusantaratv.com- Rwanda pada hari Selasa mengatakan negara itu akan menggunakan lima robot teknologi tinggi untuk melawan coronavirus di pusat perawatannya.

"Penggunaan robot dalam memerangi COVID-19 akan membantu dokter dan perawat dalam mengurangi kontak mereka dengan pasien COVID-19 dan meminimalkan risiko infeksi virus mematikan," kata menteri kesehatan Rwanda Daniel Ngamije dikutip Xinhua. 

Robot, yang disumbangkan ke kementerian kesehatan oleh Program Pembangunan PBB dan Kementerian ICT dan Inovasi Rwanda, memiliki kapasitas untuk menyaring 50 hingga 150 orang per menit. 

Robot juga mengirimkan makanan dan obat-obatan ke kamar pasien, mengambil data, dan memberi tahu petugas yang bertugas tentang kelainan yang terdeteksi, kata Ngamije.

Robot ponsel pintar juga memiliki fungsi seperti pengenalan wajah, skrining suhu, pemantauan status pasien dan menyimpan catatan medis pasien, katanya.

"Karena kemampuan ini, mereka akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas petugas kesehatan dalam memerangi COVID-19 di negara kita," katanya lagi. 

"Sangat menarik melihat berbagai lembaga bekerja sama untuk mencari solusi untuk mengatasi COVID-19. Ini adalah tonggak sejarah lain bahwa teknologi digunakan untuk meningkatkan layanan kesehatan di Rwanda," 

Menurutnya, robot telah diberi nama Rwanda: Akazuba (berarti matahari dalam bahasa Inggris), Ikizere (yang berarti harapan), Mwiza (yang berarti indah), Ngabo (yang berarti perisai) dan Urumuri (yang berarti cahaya), yang akan berfungsi sebagai antarmuka antara dokter dan pasien, sehingga mengurangi paparan petugas kesehatan terhadap kemungkinan infeksi virus.

Pada Senin malam, Rwanda telah mendaftarkan 297 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi, termasuk 203 pemulihan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0