Penghormatan Terakhir Warga Zimbabwe Untuk Robert Mugabe

Ribuan orang termasuk pejabat asing mengucapkan selamat tinggal kepada mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dalam upacara peringatan pada hari Sabtu (14/9/19).
Penghormatan Terakhir Warga Zimbabwe  Untuk Robert Mugabe
Robert Mugabe (foto : the chronicle)

Zimbabwe, Nusantaratv.com - Ribuan orang termasuk pejabat asing mengucapkan selamat tinggal kepada mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dalam upacara peringatan pada hari Sabtu (14/9/19). Sejumlah pemimpin saat ini dan mantan pemimpin Afrika juga nampak menghadiri peringatan di stadion nasional di Harare.

 Meskipun layanan ini terbuka untuk umum, banyak kursi di arena tetap kosong karena jumlah pemilih gagal untuk menyamai kerumunan yang terlihat selama menonton tubuh awal pekan ini. 

Pemimpin Zimbabwe saat ini Emmerson Mnangagwa, Presiden Kenya Uhuru Kenyatta, mantan Presiden Zambia dan pejuang kemerdekaan Kenneth Kaunda dan mantan Presiden Nigeria Olusegun Obasanjo semuanya membayar upeti kepada Mugabe, demikian juga istrinya Grace dan anggota keluarga lainnya.

 "Sebatang pohon raksasa Afrika telah jatuh. Sungguh pemberani dan pemberontak revolusioner yang teguh, kawan Robert Gabriel Mugabe sudah tidak ada lagi, diambil dari kita, orang-orang yang dia perjuangkan dengan keras untuk membebaskan," kata Mnangagwa. 

Baca Juga : Filipina Terus 'Diteror' Epidemi Demam Berdarah

 Selama upacara peringatan, 21 salut senjata ditembakkan dan 95 merpati dilepaskan untuk mewakili setiap tahun kehidupan Mugabe. 

 Keluarga Mugabe berselisih dengan Presiden Zimbabwe saat ini Emmerson Mnangagwa tentang di mana pemakaman harus dilakukan. Keluarga itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pemerintah pada awalnya tidak berkonsultasi dengan mereka mengenai rencana pemakaman.

 Mereka sebelumnya bersikeras bahwa mantan presiden akan dikuburkan di kota asalnya, Kutama, di sebelah barat ibu kota Harare, sementara pemerintah mendesak penguburan di monumen puncak bukit tempat para pahlawan nasional negara itu dikuburkan. 

 "Pemakaman akan dilakukan nanti di National Heroes Acre. Jadi ketika ritual dilakukan keluarga akan melakukan pemakaman pribadi di National Heroes Acre," kata Leo Mugabe yang merupakan keponakan Mugabe. 

Sumber : CNN 
Terjemahan : (NTV/Cal)