PBB : Kelaparan Global Dapat Berlipat Ganda Karena Pandemi Coronavirus :: Nusantaratv.com

PBB : Kelaparan Global Dapat Berlipat Ganda Karena Pandemi Coronavirus

Krisis pangan dan mata pencaharian akut adalah kategori tiga dari lima fase PBB, yang berarti kurangnya akses pangan dan kekurangan gizi di atas biasa
PBB : Kelaparan Global Dapat Berlipat Ganda Karena Pandemi Coronavirus
(AP)

Nusantaratv.com- Jumlah orang yang menghadapi kerawanan pangan naik hampir dua kali lipat tahun ini menjadi 265 juta karena kejatuhan ekonomi akibat pandemi Coronavirus menurut Program Pangan Dunia PBB (WFP).

Dampak hilangnya pendapatan pariwisata, turunnya pengiriman uang dan perjalanan serta pembatasan lain yang terkait dengan pandemi coronavirus diperkirakan akan membuat sekitar 130 juta orang lebih banyak kelaparan pada tahun ini, di samping 135 juta orang sudah dalam kategori itu,  kata WFP dikutip Aljazeera.

"COVID-19 berpotensi menjadi bencana bagi jutaan orang yang telah digantung oleh sebuah utas," kata Arif Husain, kepala ekonom dan direktur penelitian, penilaian dan pemantauan di WFP.

"Kita semua harus bersatu untuk menangani ini karena jika kita tidak melakukannya biayanya akan terlalu tinggi - biaya global akan terlalu tinggi: banyak korban jiwa dan banyak lagi, banyak mata pencaharian yang hilang," katanya kepada wartawan di sebuah virtual briefing di Jenewa.

Dalam beberapa kasus, seperti ketika petani menjual bajak atau lembu mereka, itu bisa memiliki efek knock-on untuk produksi pangan selama bertahun-tahun yang akan datang, ia menambahkan.

"Ini adalah orang-orang yang kami khawatirkan - mereka yang baik-baik saja sebelum COVID dan sekarang tidak," katanya lagi.

Krisis pangan dan mata pencaharian akut adalah kategori tiga dari lima fase PBB, yang berarti kurangnya akses pangan dan kekurangan gizi di atas biasanya.

WFP memperkirakan akan membutuhkan $ 10 - $ 12 miliar untuk mendanai program bantuannya tahun ini dibandingkan dengan rekor $ 8,3 miliar yang dikumpulkan tahun lalu, Husain menambahkan. 

Mereka berencana memprioritaskan stok makanan selama beberapa bulan mendatang untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0