Krisis Pangan di Dunia Akibat Virus Corona :: Nusantaratv.com

Krisis Pangan di Dunia Akibat Virus Corona

Rawan pangan lebih disebabkan oleh dampak ekonomi dari virus corona
Krisis Pangan di Dunia Akibat Virus Corona
Foto Ilustrasi dampak krisis ekonomi / Harianhaluan

Jakarta, Nusantaratv.com - Menurut Program Pangan Dunia PBB (WFP), pandemi virus corona berpotensi membuat orang diseluruh dunia kelaparan hingga dua kali lipat.

Direktur Eksekutif WFP David Beasley juga mengingatkan bahwa ini bisa menjadi potensi bencana kemanusiaan yang parah.

"Kita sedang berada di tepi jurang pandemi kelaparan," kata Beasley dalam video conference dengan Dewan Keamanan PBB, Selasa (21/4), seperti dilansir dari AFP.

Sejatinya, laporan Global tahunan Keempat tentang krisis pangan juga menyatakan jumlah orang kelaparan sudah meningkat sejak tahun lalu sebelum muncul wabah virus corona.

Apalagi ditambah dengan adanya musibah pandemi yang hingga sampai saat ini masih meneror dan menyerang seluruh masyarakat di dunia.

WFP bersama sejumlah mitranya sudah merilis laporan tahunan mengenai krisis pangan di dunia. Dan, laporan memprediksikan banyak orang terancam 'kerawanan pangan akut'.

WFP juga menyebutkan penambahan jumlah orang dengan rawan pangan lebih disebabkan oleh dampak ekonomi dari virus corona.

Tahun ini, WFP memproyeksikan ada 265 juta orang mengalami kerawanan pangan, atau meningkat dua kali lipat dari 135 juta orang pada 2019 lalu.

"Jutaan warga sipil yang tinggal di negara konflik, termasuk banyak anak-anak dan wanita, semakin dihadapkan pada risiko kelaparan," ujarnya lagi.

Dalam skenario terburuk, Beasley mengungkapkan kelaparan akan terjadi pada lebih dari 36 negara.

"Dan faktanya, 10 dari negara-negara itu, masing-masing sudah memiliki lebih dari satu juta orang di ambang kelaparan," ujarnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0